Tempat yang bisa dikunjungi di Singapura

 Where to go/what to do?

Pertama kali yang perlu kami kunjungi untuk melancarkan perjalanan kami adalah penjualan tiket STP. STP adalah Singapore Tourist Pass  berupa kartu yang bisa anda pergunakan untuk menaiki transportasi umum di Singapura secara tak terbatas tergantung dari masa pakai STP yang anda beli. Dengan menggunakan STP, kami bisa bisa naik angkutan umum MRT, LRT serta bus berulang kali tanpa harus menggunakan uang cash. Jatuhnya lebih murah, lebih efisien dan lebih hemat dengan penggunaan STP ini.


Lokasi penjualan STP dibandara Changi Airport baru buka pukul 08.00 tapi untuk menghindari antrian yang panjang sebaiknya sudah dilokasi pembelian tiket sebelum jam 8 karena tidak hanya penjualan STP saja tetapi ada beberapa tiket seperti penjelasan pada website ini http://www.travelsingapura.com/. Loket STP berada di Terminal 2, jadi jika anda berada di terminal 1 anda harus transit terlebih dahulu menggunakan kereta menuju terminal 2. Letaknya di pojok terminal MRT Changi Aiport, mungkin akan sangat susah menemukannya karena letaknya yang disudut dan tanda petunjuk yang masih kurang menurut saya tapi anda bisa bertanya pada petugas yang siap membantu. Saat pembelian STP kami hanya membeli untuk 2 hari saja dengan harga 26 SGD (2 day) karena rencana liburan di Singapuranya hanya untuk 2 hari saja dengan deposit 10 SGD yang bisa kita refund saat masa pengembalian kartu.


Sentosa Island

Perjalanan kami menuju sentosa island dimulai dari Changi Airport dan tentunya kami sudah dapat menggunakan fasilitas kartu SPT. Sebelum anda memulai perjalanan sebaiknya melengkapi perjalanan anda dengna peta MRT Singapura karena ini akan memudahkan anda untuk menentukan rute yang harus lalui sewaktu mengunjungi tempat-tempat di Singapura. Rute yang kami lalui adalah :

1. Naik MRT dari Stasiun MRT Changi Airport -- turun di Stasiun MRT Tanah Merah,
2. Kemudian naik MRT Jalur East - West (Green Line) arah Joo Koon turun di Stasiun MRT Outram Park,
3. Lalu naik MRT Jalur North - East (Purple Line) arah Harbour Front turun di Stasiun Harbour Front,
4. Dari Harbour Front naik ke Mall Vivo City,
Saat anda sudah sampai di Mall Vivo City, anda tidak perlu bingung, karena disini anda
benar-benar akan berada didalam mall. Dari sini tinggal memilih ingin menggunakan
transportasi Bus, Monorail atau berjalan kaki melalui Broadwalk samping jembatan
penghubung Vivo City. 

Alternatif 1 : Keluar dari Mall Vivo City arah timur dan kemudian berjalan kaki ke RWS melalui Broadwalk samping jembatan penghubung Vivo City dan RWS (Pulau Sentosa) harganya (SGD 1)

Alternatif 2 : Bus. Bus ini berada di samping pintu keluar masuk mall. Bus yang kami naiki saat itu adalah bus dengan kode RWS 8 dan tentunya anda perlu mengantri untuk menunggu bus ini. Jangan sampai salah naik bus karena akan ada beberapa bus yang lewat dengan kode yang berbeda. Jika tujuan anda memang ke Sentosa Island, naiklah bus RWS 8 dengan harga (SGD 2) sudah termasuk harga pulang pergi. Anda dijemput dari mall vivo dan kemudian nantinya akan diturunkan di mall vivo ini juga. Pembayarannya cukup di awal saja, pulangnya tidak perlu membayar lagi.

Alternatif 3 : Monorail Sentosa Express (SGD 4). Monorail ini berada dilantai 3. Jika akan menggunakan fasilitas monorail, bisa langsung menuju lantai 3 dan tentunya waktu sampainya lebih cepat dengan harga (SGD 4) dan ini belum termasuk harga pulang pergi karena disana nanti harus beli tiket pulang lagi.

Dari 3 alternatif yang ada, kami memilih alternatif 2 menggunakan Bus karena harganya lebih terjangkau sekalian mencoba fasilitas bus nya.



Minion di Sentosa Island




Universal Studi - Sentosa Island


Sentosa Island




Green By the Bay

Green by the Bay ini merupakan tempat taman yang terkenal dengan OCBC Sky nya dengan banyak jenis tanaman yang dirawat disini dan tempat ini FREE, kecuali ingin mencoba naik kejembatan OCBC Skynya, harus mengeluarkan duit SGD 5. Cara menuju ke green by the Bay: Naik MRT menuju MRT Marina Bay (Red Line).

Sampai di MRT Marina Bay kami harus berjalan beberapa menit untuk menuju OCBC Sky, perjalanan menuju kesana tidak membingungkan karena ada petunjuk yang sudah tersedia dan tentunya ada banyak orang yang menuju kesana. Disini kami akan melihat pertunjukan lampu yang sudah terjadwal. Rencananya kami akan melihat pertunjukan pukul 19.00.

Untuk anda yang akan berkunjung ketempat ini sebaiknya membawa bekal kalau memang budgetnya terbatas karena harga makanan dan minuman disini termasuk mahal. Kalau untuk membeli snack atau minuman bisa di 7eleven tapi harus kembali ke stasiun MRT dan jaraknya tidak dekat harus melalui keramaian orang yang lalu lalang juga. Pertunjukan yang mendekati akhir tahun ini lebih dominan dengan pertunjukan lampu yang diiringi lagu natal dan lagunya menyesuaikan dengan musim saat itu. Pertunjukan lampunya sangat menarik dan bagus karena permainan lampu disesuaikan dengan iringan lagu.


Selesai pertunjukan kami lanjutkan perjalanan ke Little India. Little India identik dengan kampung india dan bisa mencoba makanan khas india buat anda yang tertarik mencobanya.


Dari Stasiun MRT Marina Bay (Red Line) turun di Stasiun MRT Dhoby Ghaut (Transit) kemudian dari Stasiun Dhoby Ghaut ambil jalur Purple Line (NE6) turun di Stasiun Little India tujuan Punggol. Begitu tiba di Litte India ternyata tempatnya sudah sepi dan sepertinya kami turun ditempat yang salah karena rencananya kami ingin mengunjungi toko Mustafa yang terkenal dengan swalayan yang buka 24 jam dan menjual barang-barang murah seperti jam, makanan minuman, dan souvenir untuk dijadikan oleh2 ke sanak saudara. Ternyata Stasiun  MRT yang dekat dengan Mustafa adalah Stasiun Farrer Park (Purple Line).


Perjalanan ke Green by the Bay




Ornamen di Green by The Bay




Green by the Bay





Pemandangan di Green by the Bay




Merlion Park

Merlion Park merupakan destinasi selanjutnya yang akan kami kunjungi. Merlion Park terkenal dengan patung singa dengan air mancurnya. Sebelum berangkat menuju Merlion, kami sarapan dulu agar perjalanan tidak kelaparan dan sekalian menghemat pengeluaran dengan menu sarapan di food court china town yang lebih murah dari daerah lainnya. Perjalanan menuju merlion park:

1. Dari stasiun MRT Chinatown naik MRT Purple Line Jurusan Punggol dan turun di Stasiun Dhoby Ghaut,
2. Naik MRT Red Line Jurusan Marina Bay dan turun di Raffles Place Station,
3. Keluar Stasiun melalui exit B dan jalan menuju Singapore river, kemudian belok kanan dan jalan hingga menemui Cavanagh Bridge dan Hotel Fullerton.

Begitu kami sampai distasiun dan keluar di exit B, kami tidak langsung ketemu dengan patung merlion park. Kami harus berjalan beberapa menit, melewati jembatan dan sungai sesuai petunjuk. Sampai di merlion park ternyata sudah ramai dan cuaca benar-benar panas. Cuaca panas seperti ini perlu bawa topi dan kacamata hitam melindungi dari terik matahari.

Jembatan menuju Merlion Park




Perjalanan menuju Merlion Park




Pemandangan menuju Merlion Park



Pemandangan menuju Merlion Park


Orchard Road

Menuju Orchard Road kami tetap menggunakan MRT dengan tujuan Stasiun Jurong East. Begitu sampai di stasiun Jurong East, suasana sudah ramai dengan pengunjung yang membawa barang belanjaan dan tempat shopping di pinggir jalan. Kebetulan liburan ke Singapura memang bukan tujuan utama kami untuk shopping jadi kami berencana memanfaatkan kartu STP yang masih ada untuk mencoba keliling kota Singapura menggunakan bus. Tidak semua bus dapat menggunakan kartu STP, sebaiknya sebelum anda menaiki bus tersebut, perlu bertanya kepada supirnya apakah kartu STP berlaku untuk pembayaran. 

Keliling dengan menggunakan bus sangat menyenangkan apalagi saat itu bus yang kami tumpangi sepi jadi kamibebas menikmati suasana dari lantai 2 bus. Tapi akses bus ini tidak semua bisa menjalani tempat-tempat wisata yang ada di Singapura jadi anda memang perlu menggunakan MRT.

Daerah Orchard Road




Bugis Street



Bugis street yang juga terkenal sebagai salah satu tempat wisata dan pusat oleh2 bagi wisatawan. Harga yang ditawarkan juga tergolong murah. Tetapi tempat ini menurut saya lebih sempit dibandingkan dengan china town maupun daerah Mustafa. Disini bagi anda yang ingi membeli oleh2 dengan jumlah banyak dan murah sangat cocok datang ketempat ini. Ditempat ini kita perlu menahan diri untuk langsung membeli barang di toko pertama kita temui karena ada begitu banyak toko yang menjual barang yang sama yang bisa kita jadikan perbandingan harga. Siapatahu anda ketemu dengan toko yang menjual harga sedikit lebih murah dan bisa mendapatkan diskon dari pedagangnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Wisata di Malaysia : Genting Skyway

Suasana Permukiman Tradisional di Jeju Folk Village

Tempat yang Dapat di Kunjungi di Kota Tarakan - Kalimantan Utara