Perjalanan Wisata di Korea - Nuansa Artistik Di Petite France

Lokasi yang letaknya berdekatan dengan Nami Island. Terkenal dengan lokasi yang sering dijadikan tempat syuting oleh program tv korea selatan seperti drama “The Man From Another Star” , “Secret Garden” dan “Running Man”.  Tentu tidak asing lagi jika melihat langsung lokasi ini.

Karena senang dengan nuansa seni nya, kita akhirnya merencanakan untuk berkunjung ketempat ini. Jaraknya tidak begitu jauh dari Nami Island. Kita menyusun trip langsung dari Nami Island menuju Petite France. Karena Petite France bukanya dari pukul 09.00 – 18.00, kita rencanakan datang siang ke Petite Francenya.

Bagaimana menuju kesana?

Dengan public Transport : kita berangkat dari penginapan di sekitaran Stasiun Hapjeong menuju Stasiun Gapyeong. Tidak ada stasiun yang lebih dekat selain Stasiun Gapyeong untuk ke Petite France. Ketika sudah sampai di Stasiun Gapyeong, kita langsung keluar menuju ke shuttle bus untuk menunggu bus wisata khusus turis. Sebelumnya kita sudah membeli tiket bus wisatanya di stasiun Gapyeong ya.

Sebenarnya ada beberapa pilihan menuju Petite France.
  •          Taxi
Bisa menunggu taxi di shuttle bus, biasanya harga menggunakan argo. Untuk 1-4 orang lumayan menghemat biaya.
  •          Bus wisata
Membeli tiket bus wisata langsung, dengan biaya Pulang Pergi (PP) harganya 6000 won for adult dan 4000 won untuk umur (4 – 18 tahun). Kemudian menunggu di shuttle bus depan stasiun Gapyeong. Ada jadwal bus wisata yang bisa dilihat di dekat stasiun atau kita bisa mengunjungi kantor turis yang ada didepan stasiun Gapyeong.

Mengapa memilih bus wisata?

Karena tim kita ada 5 orang, akan sulit untuk naik taxi, selain itu harganya lebih murah dibandingkan transportasi lain. Dengan membayar 6000 won, kita sudah mendapatkan harga PP, dari halte bus Gapyeong sampa- Nami Island – Petite France - stasiun Gapyeong. Sambil menunggu bus turisnya datang, kita menikmati suasana stasiun sambil mengabadikan beberapa spot untuk di foto. Tidak menunggu lama, akhirnya bus yang kita tunggu datang juga. Yang perlu diketahui bahwa ketika kita menggunakan bus wisata, tiket bus nya tidak boleh hilang karena itu akan menjadi bukti ketika kita menaiki bus dari nami island – petite france dan dari petite france – stasiun gapyeong.

Jarak dari stasiun Gapyeong menuju Petite France sekitar 1,5 jam. Dan perlu teman2 tahu, sebelum menuju Petite France, kita juga singgah di Nami Island. Dari Nami Island menuju Petite France itu jaraknya hanya 1 jam, dengan menggunakan bus turis yang tadi. Kita hanya menunggu bus turis yang tadi untuk membawa kita ke Petite France. Jadi sekali jalan, kita bisa melewati 2 tempat. Sebenarnya ada 1 tempat lagi yang terkenal dengan taman bunga nya yaitu Morning Calm, tetapi karena waktu kita yang terbatas, jadi kita tidak memasukkan wisata taman dalam budget.

Petualangan dimulai!!!
Begitu sampai di Petite France, kita langsung menuju tempat penjualan tiket. Beruntung niat kita mencari tiket diskon benar – benar bermanfaat. Tiket awal kalau beli di loket langsung harganya 18000 won, tetapi karena kita mendapat diskon untuk turis dari aplikasi, jadi harga tiket kita hanya 15000 won, lumayan menghemat 3000 won. Biasanya ada beberapa diskon dari website korea. (visitkorea), di website tersebut ada beberapa tempat yang memberikan diskon untuk turis yang mengunjungi korea, jadi sangat bermanfaat. Diloket masuk kita tinggal menunjukkan bukti dari hp bahwa kita sudah mendownload diskon petite dan kita tinggal membayar sisanya.

Welcome petite france. Tempatnya ternyata tidak terlalu luas dibandingkan dengan nami island. Tetapi cukup memakan waktu untuk mengelilingi semua destinasi di dalam Petite France. Petite France lebih didominasi dengan gedung-gedung berwarna. Untuk saya pribadi, semua sisi dari tempat ini menarik buat saya, apalagi buat kamu yang benar-benar tertarik dengan art nya. Ada banyak spot yang bisa kamu abadikan dengan kamera. Kamu juga bisa mengumpulkan stempel dari beberapa tempat di dalam petite ini dan mengoleksinya. Saat kamu mengunjungi gedung pertama sampai akhir, kamu akan ketemu dengan stamp bergambar yang menandakan bahwa kamu sudah mengunjungi gedung – gedung yang ada didalam sini. Walaupun ikon yang paling terkenal dari tempat ini adalah bangunan bagian depan, patung Pangeran petite dan menara effielnya tetapi masih banyak spot yang bisa kita nikmati.

Ada sekitar 30 spot yang dapat kamu kunjungi sambil menikmati art dari masing – masing tempat. Beberapa tempat yang menarik buat saya adalah Fountain Square, Saint – Exupery Memorial Hall, Petite Prence Street, Traditional French House dan Gallery “Cote d’Azur”. Ketika kita berkunjung kesana, ada beberapa bagian yang masih renovasi, sepertinya tempat ini masih ingin diperluas lagi.

Setelah puas mengelilingi beberapa spot dari tempat ini, pukul 15.00 kita lalu beranjak dari petite karena kita berencana melanjutkan perjalanan menuju Gangnam. Kita lalu kembali menunggu bus wisata yang melewati petite yang akan mengantar kita menuju stasiun Gapyeong. Ternyata saat pulang jarak dari Petite – stasiun Gapyeong lumayan jauh juga, kita tidak tahu apakah memang benar-benar sangat jauh atau karena kemarin kita kejebak macet sampai bus yang kita tumpangi hampir setiap saat berhenti. Dari yang kita searching, jarak petite – stasiun gapyeong hanya memakan waktu 45 menit. Tetapi saat kita berkunjung ada sekitar 1,5 jam waktu yang kita habiskan di bus wisata. Ada keuntungan sendiri sebenarnya, karena kejadian ini kita semua bisa tidur dibus setelah lelah mengunjungi nami island dan petite france, dan kita semua benar-benar lelap sekali sampai tidak menyadari bahwa kita sudah hampir dekat dengan stasiun Gapyeong.

Tips :
Datang agak pagi ke daerah Gapyeong jadi 1 hari penuh bisa mengunjungi 3 tempat di daerah Gapyeong yaitu Nami island – Petite France – Morning Calm.