Menikmati Suasana Malam Kota Seoul di Kawasan Hongdae

Hari pertama kita menginjakkan kaki di Korea Selatan , beranjak dari Bandara Incheon kemudian lanjut menuju hotel dikawasan Hapjeong yang dekat dengan langsung dengan stasiun. Setelah kita selesai dengan urusan penginapan, kita semua siap untuk berangkat menuju kawasan Hongdae. Salah satu kawasan yang terkenal dengan kawasan shoping dan tempat bermainnya anak muda Kota Seoul.

Mengapa kita memilih Hongdae sebagai destinasi awal ??
Dari hasil pencarian di mbah google, daerah Hongdae merupakan salah satu daerah shopping yang ramai dengan toko kosmetik, toko pakaian, bahkan area untuk kuliner dan juga hiburan. Maka tak salah untuk memilih Hongdae sebagai destinasi kita, sambil melihat kehidupan anak muda Kota Seoul.

Sebelum berangkat ke Hongdae, kita singgah di toko yang mirip dengan 7 eleven untuk mencoba membeli susu pisang yang sangat terkenal dengan rasanya yang enak dan tentunya sudah sangat sering muncul di drama korea. Karena rasa penasaran dan ingin mencoba bagaimana rasanya, kita membeli 2 susu pisang,rasanya saya sangat suka, dan saya ketagihan.

Dari hapjeong menuju Hongdae, kita menggunakan MRT, dan ternyata tempatnya tidak begitu jauh dari tempat kita menginap. Rasa penasaran kita pun akhirnya terbayar, belum keluar dari stasiun, kawasan subway bawah tanah sudah ramai dengan anak muda yang ingin menikmati suasana malam Hongdae.

Ada begitu banyak kaum muda yang hilir mudik di kawasan Hongdae ini dengan style pakaian mereka masing – masing untuk menikmati hiburan di sini. Suasana yang sangat saya sukai, walaupun begitu padatnya orang hilir mudik di sini, tetapi semuanya teratur, dari mulai tapping T-money untuk keluar area stasiun sampai antri di escalator menuju pintu exit.
Selalu ada bahan pembelajaran bagi kita begitu menjalani negara orang lain.

Dari beberapa tempat yang kita kunjungi, ada kebiasaan disini setiap kita naik escalator, untuk orang yang ingin mendahului antrian di escalator bisa mengambil posisi disebelah kanan. Sedangkan jika kita ingin santai dan tidak terburu – buru untuk sampai dilantai berikutnya, kita bisa mengambil posisi di sebelah kiri saat menaiki escalator. Kebiasaan yang sangat jarang didapatkan di Indonesia.

Semua kegiatan di area bawah tanah atau area stasiun dilakukan serba cepat dan tepat. Dari mulai masuk kawasan stasiun, transit ke line berikutnya, bahkan untuk menaiki lantai berikutnya menggunakan escalator. Jadi saat kamu berada di dalam stasiun untuk pertama kalinya, akan sangat terkejut melihat pemandangannya ini.

Sembari melihat pemandangan didalam stasiun yang serba cepat, ada baiknya langsung mengambil posisi di sudut agar tidak mengganggu orang – orang yang jalannya begitu cepat.

Sesampai di Hongdae, tempatnya benar-benar rame, rame dengan toko kosmetik dimana-mana, rame dengan toko yang menjual baju dengan model kekinian dengan kualitas yang menurut saya lebih bagus dibandingkan Negara saya sendiri dengan harga yang terjangkau.

Sepanjang jalan yang kita lewati ada begitu banyak toko kosmetik seperti apieu, innisfree, nature republic, missca dan banyak toko kosmetik lagi yang saya sudah lupa namanya, karena saking banyaknya. Tak hanya di Hongdae, beberapa toko juga ada yang terletak di stasiun MRT, Jadi ketika kita memasuki stasiun MRT, ada beberapa toko kosmetik dan tentunya dengan diskon besar-besaran disesuaikan dengan toko masing-masing. Yang kalau dibandingkan dengan harga diindonesia lebih murah. Ini yang menyebabkan, jika ada yang berkunjung ke korea, oleh-oleh yang cocok dibawa adalah kosmetik, harganya benar-benar lebih murah. Untuk cewek memang korea adalah surganya belanja untuk kosmetik dan juga baju.

Selain toko kosmetik, diperjalanan juga kita ketemu dengan LINE Store. Yang dipajang benar-benar lucu, pengen beli satu atau dua dari yang dipajang, tapi harganya benar-benar mahal. Saya tidak mengerti mengapa harga semua barang disitu termasuk mahal,  mungkin karena kualitasnya atau mungkin karena dari produk line store langsung memang mahal, tapi jujur, semuanya lucu. Sayang budget saya untuk hal yang seperti itu tidak ada, jadi kita hanya menyempatkan waktu untuk berfoto saja dengan browny. Untungnya ditempat ini tidak ada larangan foto dengan boneka browny yang besar sekali, jadi bisa untuk kenang-kenangan sendiri.

Setelah menikmati malam kita disini, tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11 malam. Selain waktu sudah jam 11, kita juga harus mengejar MRT yang ada waktu tutupnya. Selama perjalanan menuju stasiun , tempat –tempat yang ada dipinggir jalan masih begitu ramai dengan anak muda yang nongkrong untuk minum bir atau bahkan untuk makan ayam.

Ada juga pertunjukan dance dari anak cowok yang menampilkan aksi mereka dipinggir jalan, Benar-benar menghibur dan unik, karena mereka mengikuti gaya dari girl band yang memang lagi booming di korea. Banyak yang tertawa karena aksi mereka yang menghibur. Sampai pintu stasiun, benar-benar ramai sekali.

Ada banyak anak muda yang juga sudah akan pulang ketempat masing-masing. Dan malah ada yang baru datang dari stasiun MRT. Hari ini benar-benar malam yang panjang, sayang kita sudah seharian perjalanan dari Malaysia – korea, jadi masih sangat lelah untuk melanjutkan perjalanan sampai subuh.

Hongdae memang terkenal dengan tempat yang rame dengan anak mudanya. Buktinya begitu kita sampai di stasiun hapjeong, tempatnya sepi, tidak begitu banyak orang yang lalu lalang, kendaraan juga yang lewat sudah sedikit,

Perjalanan dari stasiun menuju penginapan juga seperti itu, ada 1 café yang masih dikunjungi orang muda, tapi tidak serame sewaktu di Hongdae. Ingin rasanya singgah sebentar menikmati café tersebut, tetapi sudah sangat lelah. Sampai dipenginapan, saatnya untuk istirahaaaaat mempersiapkan diri untuk besok menuju rencana selanjutnya. Tempat tidur yang nyaman dan suhu kamar yang cocok benar-benar membuat tidur kita untuk malam ini benar-benar nyenyak.